Cara Memilih Ayam Aduan

              Ayam aduan sangat di gemarin oleh masyarakat pada umumnya ayam aduan Bangkok, ayam aduan Viernam dan ayam aduan Birma . Ayam aduan banyak jenis nya dan banyak jenis teknik tarung nya. Cara memelih ayam aduan jangan sampai salah, karena ayam aduan tidak boleh asal milih Cuma sekedar suka dengan warna.

Tips singkat untuk memilih ayam aduan :

  1. Saat kita memilih ayam aduan yang pertama  kita lihat dari kaki, kaki harus keras dan kecil stangnya, sisik kulih rapih dan jalu ayam aduan harus sejajar dengan jari belakang, dan jika diangkat jari-jari ayam kaku . Ayam aduan yang memiliki ciri ciri ini kemungkinan besar ayam aduan ini memiliki pukulan keras
  2. Yang kedua saat kita memilih ayam aduan ,kita pegang ayam aduan , bentuk badan panjang dan tulangan nya rengkot atau keras, leher berotot atau kencang, ciri-ciri ini membantu atau mendukung pukulan si ayam aduan.
  3. 3.      Wajah ayam aduan dan warna bulu ayam aduan, wajah ayam aduan sebaiknya kita pilih yang mukanya seram dan masalah warna ayam aduan itu selera
  4. 4.      Macam macam warna ayam aduan :

WIRING

Bulu ayam aduan yang paling populer dan berkelas adalah warna wiring atau merah . Corak warna ayam aduan  ini adalah terdiri dari warna dasar hitam dengan bulu rawis leher dan rawis ekor berwarna kuning kemerahan.

WANGKAS

Berbeda dengan ayam aduan wiring yang memiliki warna dasar hitam, ayam aduan wangkas memiliki warna dasar yang hampir sama dengan rawisnya yaitu kuning kemerahan.

 

KLAWU

Warna ayam aduan klawu memiliki warna dasar abu-abu. Jika ayam aduan memiliki rawisnya berwarna gelap atau abu-abu kehitaman disebut dengan ayam aduan klamu kethek.

 

BLOROK

Ayam aduan yang memiki warna blorok adalah kondisi ketika bulu ayam berwarna totol-totol dan merupakan kumpulan dari berbagai warna. Warna ayam aduan blorok yang sederhana biasanya hanya terdiri dari warna dasar putih bertotol hitam dengan rawis berwarna merah. Namun warna aym aduan blorok akan dianggap istimewa jika kombinasi warna ayam aduan dasarnya lengkap, yaitu putih, hitam, merah dan hijau dengan rawis putih kemerahan. Warna ini disebut dengan Ayam aduan blorok madu.

JRAGEM

Warna ayam aduan ini  adalah warna hitam, berikut rawisnya. Jika kulit tubuh, paruh, mata serta sisiknya hitam semua,. Untuk ayam aduan  jarang yang memiliki warna ini.

JALI

Warna ayam aduan jali adalah warna blirik yang merupakan campuran beberapa warna tapi dalam noktah atau garis-garis kecil. Ini berbeda dengan blorok yang cenderung berpola totol. Jarang ayam aduan yang berwarna jali. Ada orang tertentu yang sangat memburu ayam aduan dengan warna ini.karena ayam aduan ini sangat langka dan berkesan eksotis.

PUTIH

Ayam aduan dianggap berbulu putih seta bila ayam aduan berbulu putih semua baik warna dasar maupun waris. Beberapa ayam aduan jenis ini ada juga yang memiliki rawis warna lain tetapi warna dasarnya adalah putih.

Warna-warna ayam di atas adalah warna-warna utama. Dalam persilangan lebih lanjut bisa saja masing-masing warna memiliki varian yang beragam. Sebagian pengadu menganggap warna sebagai standar kualitas. Warna WIRING dan WANGKAS adalah warna paling berkelas dibanding warna-warna lain.

 

Dri sekian banyak warna ayam aduan namun kebanyakan ayam aduan yang di pilih berwarna hitam merah atau atau ayam aduan wiring dan ayam aduan berwarna wakas. Sekian tips singkat cara memilih ayam aduan dari kami.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s